Wednesday, March 27, 2013


Cek Kebugaran Anda!

7

Anda benar-benar bugar? Apa artinya kalau orang mengatakan seseorang memiliki kebugaran yang hebat? Menurut dr. Sadoso Sumosardjuno, D.S.O.K. seperti dikutip majalah Intisari edisi Juli 1996, “Seseorang dikatakan bugar jika dapat melakukan pekerjaan sehari-hari tanpa capek serta masih mampu melakukan kegiatan-kegiatan mendadak."
Bagaimana dengan Anda? Berikut ada beberapa petunjuk untuk bisa mengetahui, bugarkah Anda? Jika Anda biasa bekerja dengan duduk atau memiliki permasalahan kesehatan, cek dengan doketr Anda sebelum melakukan tes sendiri ini.
Tes ini meliputi stamina, fleksibilitas, serta kekuatan dan ketahanan otot.
Stamina
Jika Anda berumur 25 tahun atau kurang, seharusnyua Anda bisa berlari sejauh 1,5 mil (sekitar 2,5 km) dalam waktu 13 menit. Jika antara 25 – 35 tahun, waktu Anda setidaknya 15 menit. Antara 35 – 45, Anda harus bisa menempuh jarak sejauh itu tidak boleh lebih dari 17 menit.
Ambil denyut jantung Anda setelah berlari. Semakin cepat jantung Anda berdenyut normal, semakin bagus kondisi Anda. Jika Anda bekerja di lapangan antara 20 – 30 menit setidaknya empat kali dalam seminggu, stamina Anda akan meningkat dan sebagai hasilnya denyut jantung Anda akan cepat turun lebih cepat dari latihan.
Fleksibilitas
Berdiri dengan kaki benar-benar mengangkang. Ambil handuk pantai dan pegang di antara tangan yang terjulur ke depan. Angkat handuk ke atas kepala sambil tetap menjaga ketegangan handuk. Tarik ke belakang sejauh mungkin. Jika merasa tidak nyaman, tarik tangan ke depan lagi.
Semakin jauh tangan terentang dari kepala Anda, semakin fleksibel Anda. Jika ingin meningkatkan fleksibilitas, lakukan gerakan di atas lima kali sehari dalam jangka waktu tak terbatas.
Kekuatan dan ketahanan otot
Meskipun komponen ini susah untuk diukur di rumah sebab begitu banyak perbedaan otot dan kumpulan otot, Anda masih bisa mengetahui seberapa besar kekuatan dan ketahanan otot.
Sit up merupakan gerakan yang cukup mewakili untuk melihat seberapa kuat dan tahan otot-otot kita. Soalnya, gerakan sit up melibatkan sekelompok otot penting di bagian perut. Begini tesnya:
Berbaring telentang dan angkat tekuk kedua kaki sehingga membentuk segi tiga. Taruh kedua tangan di paha. Angkat kepala dan badan ke arah depan sehingga tangan bergeser ke atas dan jari tangan menyentuh tempurung. Berbaring kembali dan ulangi gerakan itu beberapa kali semampu Anda tanpa berhenti.
Inilah tabel yang bisa digunakan untuk mengukur kekuatan dan ketahanan otot:
Tingkatan
Pria
Wanita
Sangat bagus
50+
50+
Bagus
40 – 49
35 – 49
Rata-rata
25 – 39
22 – 34
Cukup
15 – 24
12 – 21
Kurang
< 14
< 12
Bagaimana kebugaran Anda secara keseluruhan? Biarkan hasil yang jujur dari tes ini dan akal sehat menajdi pedoman Anda untuk program kebugaran berkala. Kemudian, setelah latihan selama sebulan, ulangi tes ini dan lihatlah kemajuan yang Anda capai. Mengagumkan!

No comments:

Post a Comment